Marketing Mix 5P'S and 7P'S Explained

Sebelum kita masuk tentang bauran pemasaran 5P dan 7P, lebih baik Anda memahami apa yang membentuk keseluruhan bauran pemasaran.

Selamat Membaca 😃

Definisi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix )



→ Menempatkan produk yang tepat atau kombinasi daripadanya di tempat,pada waktu yang tepat, dan pada harga yang tepat. Bagian yang sulit adalah melakukan hal ini dengan baik karena kita perlu mengetahui banyak aspek rencana bisnis. 

Bauran Pemasaran sebagian besar terkait dengan pemasaran 5P, pemasaran layanan 7P yang dikembangkan pada 1990-an

Nah yuk mulai membahas tentang bauran pemasaran 5P terlebih dahulu...

Bauran Pemasaran 5P

5P adalah elemen pemasaran utama yang dirancang untuk membantu kalian memikirkan bisnis secara strategis. 

Apa saja yang termasuk 5p?


  1. Produk
  2. Harga
  3. Promosi
  4. Tempat
  5. Orang-orang/Manusia
1. Produk 
              Produk mengacu pada apa yang akan kita tawarkan secara keseluruhan " apa sebenernya yang dapat kalian jual kepada pelanggan kalian?". Ini termasuk nilai tambah, pencitraan merek dan kemasan serta ketentuan layanan dan garasi.
              Misalnya: Saya ingin membuka Catering Makanan Sederhana. Nah bisnis ini saya ingin kembangkan bukan hanya isi makanan saja tapi bungkus makanannya pun harus menarik lalu saya akan memberi tusuk gigi,tissue,sendok kepada pelanggan layanan dengan gratis sebagai intensif untuk membeli dari saya.

2. Harga/ Price
              Harga mengacu pada cara Anda menetapkan harga untuk produk atau layanan Anda. Ini umumnya mencakup semua bagian yang membentuk keseluruhan biaya Anda, termasuk harga yang diiklankan, diskon penjualan, persyaratan kredit, atau pengaturan pembayaran lainnya atau layananan pencocokan harga yang akan ditawarkan.
              Harga juga bergantung pada posisi bisnis Anda di pasar. Misalnya: Saya ingin membeli menu makanan yang ada dalam kotak tersebut. Nah saya harus memperhatikan harga berapa yang akan saya jual supaya bisa lebih efisien dalam membeli bahan-bahan makanan. Apabila saya membeli total Rp20.000/kotak , saya bisa jual sekitar Rp28.000/kotak. berarti keuntungan saya 8ribu bersih. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda pertimbangkan apakah harga Anda mencerminkan posisi bisnis Anda.

3. Promosi/ Promotion
              Promosi mengacu pada semua aktivitas dan metode yang digunakan untuk mempromosikan bisnis dan produk Anda. Ini termasuk penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan periklanan. 
              Misalnya: Saya ingin mempromosikan bisnis Catering saya. Berarti saya dapat menambahkan sponsor ke bauran pemasaran untuk membantu mempromosikan bisnis.

4. Tempat/ Place
              Tempat mengacu pada cara Anda mengirimkan produk atau layanan kepada pelanggan Anda. Ini termasuk lokasi fisik ( Misalnya melalui etalase,online, atau distributor). Metode pengiriman serta bagaimana Anda mengelola tingkat stok Anda. 
               Cara yang paling efektif di zaman serba canggih adalah online. Karena Anda dapat menghemat waktu dan tenaga Anda. Bisa saja seperti contoh: saya ingin menjualan Catering makanan dengan membuka Web online disitu mereka tinggal memilih menu apa saya yang mereka inginkan.

5. Manusia/ People
               Orang-orang mengacu  pada diri Anda, staff Anda, dan pelanggan Anda. Ini mencakup tingkat layanan pelanggan, serta komunikasi dan pelatihan yang efektif untuk staff Anda.Anda harus mempertimbangkan staff dan pelanggan Anda jika Anda berpikir untuk mengembangkan bisnis.
               Misalnya: jika saya berpikir untuk memperluas bisnis online maka saya harus berpikir tentang bagaimana pelanggan saya menggunakan internet. Jika mereka merasa nyaman membeli barang secara online dan jika mereka bersedia membayar biaya pengiriman produk saya.
               Saya juga harus mempertimbangkan elemen staff. " Apakah staff saya memiliki ketrampilan untuk mengelola situs web? Apakah saya perlu memberikan pelatihan lebih lanjut kepada mereka?


Nah itu yang temasuk Bauran Pemasaran 5P. Meskipun 5P dapat dikontrol, mereka selalu tunduk pada lingkungan pemasaran internal dan eksternal Anda.

Apa saja yang termasuk Bauran Pemasaran 7P?


  1. Produk
  2. Harga
  3. Promosi
  4. Tempat
  5. Orang-orang/Manusia
  6. Proses
  7. Bukti Fisik
Nah dari nomor 1-5 sudah dibahas diatas ya berarti tinggal ditambahkan 6 dan 7, simak terus penjelasannya yaaaa.......

6. Proses/ Processes
             Sistem dan proses organisasi mempengaruhi pelaksanaan layanan. Jadi, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki proses yang dirancang khusus untuk meminimalkan biaya. Ini bisa menjadi saluran penjualan Anda, sistem pembayaran,sistem distribusi, dan prosedur sistematis lain dan langkah-langkah untuk memastikan bisnis yang berjalan efektif. 
             Misalnya: Proses saya dari membeli bahan baku makanan ke menu makan siap saji yang harus dirinci secara efisien untuk meminimalkan biaya  dan memaksimalkan keuntungan.

7. Bukti Fisik/ Physical Evidence
             Industri jasa, harus ada bukti fisik bahwa layanan itu disampaikan. Selain itu, bukti fisik juga berkaitan dengan bagaimana bisnis dan produknya dirasakan di pasar. Ini adalah bukti fisik dari kehadiran dan pendirian bisnis. Konsep ini adalah branding.
             Misalnya: Nama Catering saya adalah Parade Catering. Nah apakah Parade Catering sudah mempunyai bukti fisik meskipun belum terlalu terkenal.
              

Danke💓


Referensi:

1. http://marketingmix.co.uk 
  ( diakses pada Kamis, 8 November 2018 jam 20.45 WIB)

2. https://www.business.gov.au/marketing/advertising/the-5-ps-of-marketing   
( diakses pada Kamis, 8 November 2018 jam 21.00 WIB )

3. https://www.professionalacademy.com/blogs-and-advice/marketing-theories---the-marketing-mix---from-4-p-s-to-7-p-s     
( diakses pada Kamis,  8 November 2018 jam 21. 30WIB )

Comments

Popular posts from this blog

Joint Venture dan Waralaba

Sistem Ekonomi

Artikel Fin Tech